Bulan lalu kebetulan aku dapat tugas ikut acara pelatihan di sebuah tempat di daerah sumatera bagian utara. Emang sih da jadi tugas kami untuk mengenalkan aplikasi baru ini keteman2 di daerah. Sebenarnya aku ga gitu siap pergi berhubung karna tugas ini disposisi dadakan. Tapi mau ga mau ya harus jalan juga.

Sampai disana udah siang, dan setelah makan siang aku dan teman2 yang lain setting kelas dulu buat besok.. biar para peserta pelatihan besok lebih nyaman. Karena ruangan terbatas, terpaksa yang dipakai adalah ruangan kerja. Syukurla..walau dengan sdikit kerja keras akhirnya ruangan kerja bisa disulap jadi kelas.

Paginya aku dan salah seorang teman bergantian untuk presentasi, sebelum presentasi aku liat beberapa peserta.. pesertanya macam2..mulai dari paling muda dan sampai yang tua..kayaknya tunggu beberapa tahun lagi da pensiun.. hehehe.. Dalam hati aku berdoa..semoga nanti ga pada ngantuk. Karena pernah pengalaman sebelumnya kasi presentasi yang sama…dan ada yang ngantuk..rasanya sedih banget. Doaku terkabul tapi (ada tapinya nih) Karena smua ga ngantuk.. aku jadi grogi soalnya smua mata tertuju padaku (pinjam dulu kata2nya..:d).

Akhirnya presentasi selesai langsung ke pratek dan para peserta diberi kebebesan untuk membuat kelompok.. dan hasil kelompoknya..muda gabung ama muda.tua ama yg tua..hampir tua gabung ama yg hampir tua… busett… gimana nih?? Padahal pengennya itu berbaur biar nanti lebih mudah..karena yang muda lebih cekatan utk masalah komputer.

Praktek berjalan..aku ditanya ama dua orang peserta.. dan mereka itu bapak dan ibu yg tadi termasuk kategori hampir pensiun tadi. Nah.. aku jelasin la.. tapi sebelum aku jelasin sibapak itu bilang gini: ‘mba ngomong aja… saya aja pegang mouse ini, biar cepat saya pintar’ (logatnya batak.. aku pikir halak kita rupanya!!) Saya jawab aja.. ‘ ok pak silahkan🙂’ dan cuma sekali jelasin alur aplikasi sibapak dan siibu itu langsung ambil contoh data dan pake aplikasi dan bisa dibilang da mahir untuk alur tersebut.

Berikutnya lanjut ke alur selanjutnya.. sibapak dan siibu td manggil aku lagi mau nanya..dan aku datang kemeja mereka lagi..dan beda kayak td karna alurnya rada ribet..aku dipersilahkan pegang mouse ‘..nih mousenya mba, duduk aja..’ ..dan aku jelasinnya pelan2 karna memang alur yang satu ini rada ribet..tapi blom selesai jelasin sibapak bilang gini: ‘pelan2 dulu mba..tak ngerti nanti aku kalo cepat2’ aku lempar senyum dan bilang : ‘maaf pak..saya ulang lagi ya..’ Aku mikir..hebat juga si bapak ini..tua2 masih semangat.. sipp!!

Setelah selesai kasus sibapak itu aku lihat kelompok yg tadinya muda2..mereka malah crita dan ngantuk..mungkin karna snack yang enak dan banyak ato karna mereka mikir topik ini membosankan..ntah apala alasan mereka yang jelas ada sdikit kekecewaan..:(

Ternyata ada mindset yang salah selama ini..ga selamanya orang tua itu ga mau tau akan perkembangan tekonologi..dan ga selamanya yang muda itu ngeh akan teknologi… ternyata smua tergantung kemauan..

Ayo semangat lagi..mudah2an pelatihan selanjutnya lebih seru lagi.. makasi ya teman2 pelatihan atas kerjasamanya.

-HORAS-