Btw..otw..busway.. pernah dengar ato ngalamin nggak, pas kita tidur, trus kita tiba2 terbangun tapi seperti tidak punya daya apa2. Kita sepertinya udah bisa mendengarkan apa yang terjadi disekitar kita, tetapi untuk bergerak bahkan membuka mata aja benar2 ngga bisa. Kalo orang2 suka bilang ‘ditindih makhluk asing’ ato bahasa spanyol bilang…’ditindih begoe’..Seram bo…

Tetapi oh tetapi ternyata oh ternyata…

ada penjelasan ilmiah untuk ini, (kayaknya sih da banyak yang tau…), semoga ga basi… Penjelasannya adalah sbb:

Secara ilmiah kejadian ini disebut sleep paralysis. Ketika tidur, tiba-tiba saja saraf motorik kita berkontraksi, kontraksi itu membuat kita terbangun. Tetapi otak kita belum siap menerima kalau kita sudah terbangun…Ngga kompak bo’

Pada saat tidur, yang bekerja adalah saraf motorik, makanya kita sering ngga sadar bergerak-gerak dalam tidur. Jangan heran kalau waktu posisi sebelah sana, pas bangun posisi udah ke sini. Ato contoh lainnya kita ngga sadar menggaruk-garuk ketika tidur (kebiasaan siapa nih????).

Pada saat kerja si saraf motorik inilah, membuat kita terbangun namun otak belum siap…ibaratnya otak kita masih tidur. Saat kita mau gerakin tangan, kaki, ataupun membuka mata, otak tidak memberi respon. Sehingga terjadila kondisi yang disebut sleep paralysis (menurut ilmiah) ato ditindih makhluk asing .

Jadi sudah pada taukan..kalo kejadian gini..jangan takut lagi ya😀