Pernah ngga melihat jakarta ini dari atas?? Mungkin dari gedung bertingkat, dari pesawat, ato manjat pohon kelapa ato apalah itu?? Pernah beberapa kali aku memperhatikan jakarta ini dari pesawat..(abisnya kantorku di lt.1, dan aku ga pernah manjat pohon kelapa…hahaha..). Ternyata selalu dgn statement yang sama..jakarta lagi hujan ya?? ato koq kabut sih?

Statement yang salah..ternyata jakarta tidak hujan.. Memang itulah warna jakarta. Berkabut… Pas ngobrol dgn teman disebelahku..(dari tampangnya sperti ilmuwan)..dia bilang gini: “itulah adalah dampak polusi dijakarta ini”. Sebentar aku terdiam.. ya ampun..segitunya kah?? Di otakku langsung memikirkan sperti di bawah ini:

Akhir2 ini sering kali kita dengarkan himbauan2 untuk mengatasi polusi ini karna dampaknya sangat buruk untuk bumi ini. Tapi terkadang hanya sesaat..panas2 taik ayam.

Pertanyaan muncul..emang kamu da lakuin apa?? aku sih ga berbuat banyak, tapi aku ingat satu hal:

Sekecil apapun usaha kita, akan berdampak sangat besar buat bumi

Apa aja hal kecil itu seperti..

  • bawa tempat minum sendiri, selain mengurangi plastik kemasan untuk minuman, aku yakin tempat minum yang kubawa lebih terjamin kebersihannya.
  • Walau baru aku mulai tahun ini, sekarang aku lebih sering bawa tas kainku kemana2. Jadi kalo pas belanja, aku masukin di tas kain itu.. aku berusaha semaksimal mungkin tidak menggunakan plastik.
  • Menggunakan deterjen seperlunya, kalo perlu mencuci jgn setiap hari, dikumpulin dulu..kan hemat deterjen dan hemat air.. deterjen juga berperan utk polusi juga.
  • Dikantor aku paling cerewet ama teman2 kalo nge-print sesukanya….kertas itu mahal bo’ dan udah berapa pohon ditebang untuk itu.
  • Pake tissue seperlunya…kalo perlu pake sapu tangan bapuncuk empat sajo la…. kan bisa dicuci..
  • dan lain2 deh…

Banyak yang bisa kita lakukan dan memang sangat berguna untuk menyelamatkan bumi ini. Yuk, kita bareng2 berbuat utk yang satu ini. KITA BISA !!