Tersebutlah sebuah desa di suatu masa..brarti terserah disebut apa…dan di masa apa:D.

satu
Desa itu begitu indah, bersih dan sangat damai. Hingga pada suatu saat seorang warga terserang penyakit..setelah beberapa hari tidak hanya seorang tapi beberapa orang dan dalam beberapa minggu penyakit itu mewabah di sluruh desa.

Desa yang tadinya aman, bersih dan sangat damai menjadi suram karena penyakit terebut sudah menelan korban. Berbagai jenis tabib dari dalam maupun luar daerah telah melakukan pengobatan, tetapi tak satupun berhasil disembuhkan.

Para petinggi desa melakukan perundingan dan dihasilkan sebuah kesimpulan, asal penyakit dari sebuah sumber yang dimanfaatkan warga. Pengecekan pertama, air sungai yang dimanfaatkan warga untuk air minum. Tampak luar air sungai jernih, bersih dan mengalir, tidak mungkin ada sumber penyakit di sana

dua

Secepatnya dilakukan penyelidikan ke dasar sungai. Seorang menyelam sampai ke dasar sungai dan menemukan beberapa ekor bangkai babi. Bangkai2 babi terjepit diantara kawat2 yang ada di dasar sungai, kemudian bangkai di angkat dan dipindahkan dari sungai.

Hari berlalu..kondisi warga yang terjangkit penyakit semakin membaik dan penyakit resmi hilang dari desa tersebut.

Desa kembali indah, bersih dan sangat damai.

tiga

–silahkan petik sendiri maknanya-