Masih lanjutan dari perjalanan ke Manado.

Rangkaian pelatihan kelar juga dan Sabtu pun menjelang,

Bunaken, tunggu kedatanganku ;))

Pukul 05.30 wiTa, semua harus sudah kumpul di belakang hotel, karna boat akan menjemput di sana dan tepat 06.00 wiTa sudah berangkat.
Tapi gerimis tak kunjung henti, dan menurut kapten kapal harus menunggu sesaat dulu, karna di Bunaken masih hujan deras. Di khawatirkan tidak begitu aman untuk melakukan perjalanan dan kalo tidak memungkinkan perjalanan ditunda.

Rasanya mendengar itu sangat kesal, ditambah lagi komen teman2 yang bilang, kalo memang tidak aman, jangan deh.

Selama 20 menit smuanya dalam kondisi H2C, dan akhirnya guide beri info baru, — kapten bilang di Bunaken sudah mulai reda, dan sekarang semua naik boat berangkat menuju bunaken.

Setengah perjalanan masih gerimis, dan smua pemandangan masih berkabut, dalam hati hanya berdoa dan berharap cuaca akan cerah. Hanya bisa melihat dari dalam boat, dan tetap dalam harapan cuaca akan semakin cerah.

Yes, doaku terkabul, Tx GOD🙂. Hampir tiba di Bunaken, cuaca makin cerah. Dan kru2 kapten menyiapkan kaca di dalam kapal untuk melihat keindahan karang dan ribuan ikan.

Semua asik melihat dan terkagum2 dengan ribuan ikan yang ada di sana. Belum lagi lautnya yang jernih, bening dan pasti bersih. Menurut kru kapten ada 2000 jenis ikan di sana, dan memang warnanya bermacam, dari merah, kuning, motif batik, ungu, orange macem2 dah. Yang pasti sangat indah.

Kru kapten berkata: Untuk pemula yang gak bisa renang nanti akan diajari, dan nanti tempatnya di sebelah sana (sambil menunjuk ke arah kanannya), dan untuk yang bisa renang juga tetap akan dituntun.

Boat akhirnya sampai ke tempat tujuan yang ditunjuk tadi. Smua turun, akhirnya aku bisa menginjakkan kakiku dikarang bunaken juga, yang pasti pake FINS yang ukurannya ke gedean (Saran buat yang mau kesana, kalo kakinya juga imut, bawa sepatu yang alasnya karet aja).

Masih 10 menit di air yang dingin aku sudah takut karna baru sadar aku dilaut dan panik itu pun datang😦. Jadilah diriku penumpang pertama yang naik boat. Beberapa teman dan kru kapten membujuk untuk turun lagi dan embel2 akan dijagain. Huh, aku tidak percaya mah, apalagi setelah mendengar kru kapten bilang: semua pegangan tali, arusnya deras. Pret!, semakin meyakinkan ku untuk melepas fins dan alat2 lainnya. Titip bintang laut ya temanteman.

Tidak apalah, aku sudah tiba di Bunaken, liat ribuan ikan dari kaca kapal, nyebur ke laut dan berdiri di atas karang (walau hanya 10 menit kekekeke). Sebagai gantinya aku jepratjepret

Dokumentasi itu penting bo’ ato tepatnya narsis.com xixixixi

Berselah 15 menit teman2 lain naik ke boat, karna sesuai janji harus tiba di hotel jam 10.30, sehingga tidak telat ke bandara.

Guide: Kalo kita beruntung, nanti di perjalanan pulang kita ketemu lumbalumba.
Aku: Wah, harus donk mba, seru tuh.
Guide: Kita lihat aja mba, soalnya saya da 15 kali kesini baru 2 kali ketemu lumba2.

10 menit boat melaju, kru kapal kasi kode: itu ada lumbalumba🙂

Tentunya semua heboh, dam boat menuju ke arah mereka. Rasa kagum tak terkira ketika melihat makhluk laut paling cerdas itu.

Jumlah mereka banyak banget, ada disisi kanan dan kiri boat, dan ada beberapa yang di depan seperti menuntun. Dan paling indah ketika mereka melompat-lompat dan melambaikan senyum, Kuerennnn Buanngettt!

Terima kasih lumbalumba, kalian semakin melengkapi kebahagiaan perjalanan ke Bunaken.

Boat melaju menuju hotel, dan yang pasti sepanjang perjalanan tetap narsis.com, karna sekitar sangat indah, awan yang biru dan sangat cerah, laut yang bening dan bersih dan angin yang sangat segar.

Tiba juga di hotel dengan tepat waktu dan siap2 untuk balik ke jakarta.🙂